Resep Membuat Tempe Mendoan Yang Lezat Dan Renyah

Resep membuat tempe mendoan yang lezat dan renyah ternyata tidak begitu sulit untuk dicoba. Kita hanya perlu memilih jenis tempe yang sekiranya pas digunakan untuk membuat tempe mendoan.

Menu makanan tradisional ini memang banyak disukai oleh orang dari seluruh nusantara. Keunikan rasa dan tekstur tempe yang khas,  tak jarang apabila tempe mendoan sering dijadikan cemilan sehari-hari.
Resep Membuat Tempe Mendoan Yang Lezat Dan Renyah

Meskipun tergolong mudah dan simpel,  namun pada kenyataannya masih belum banyak orang yang mengetahui bagaimana cara membuat tempe mendoan yang lezat dan renyah. Meskipun mereka bisa membuatnya,  biasanya rasanya hanyalah biasa-biasa saja.

Nah,  jika bunda ingin mencoba membuat tempe mendoan. Silahkan simak lasan berikut ini. Resep membuat tempe mendoan yang lezat dan renyah bisa langsung bunda coba.

Resep Membuat Tempe Mendoan Yang Lezat Dan Renyah

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan untuk membuat tempe mendoan

  • Daun bawang 2 lembar,  iris halus
  • Tepung terigu 150 gram
  • Minyak goreng secukupnya
  • Tempe 8 buah (Pilihlah jenis tempe yang lebih panjang dan lebih lebar dari biasanya) 

Bumbu yang dihaluskan dalam resep membuat tempe mendoan


  • Bawang merah 2 buah
  • Kunyit sepanjang 1 cm
  • Garam secukupnya
  • Ketumbar 1 sendok teh, haluskan terlebih dahulu
  • Bawang putih 3 siung
  • Kencur 1/2 ruas

Resep membuat tempe mendoan yang lezat dan renyah


  1. Pertama-tama silahkan haluskan semua bumbu di atas
  2. Selanjutnya,  siapkan sebuah wadah ukuran sedang. Masukkan tepung terigu ke wadah tersebut beri air.
  3. Campurkan selruh bumbu yang telah dihaluskan,  lalu masukkan juga daun bawang yang telah diiris halus. Aduk-aduk hingga adonan benar-benar rata dan juga pulen
  4. Setelah adonan sudah jadi,  silahkan celupkan tempe di dalam adonan. Cara menyelupkannya tempe harus tertutupi oleh adonan tepung terigu. Jika masih ada tempe yang belum tertutupi sempurna, silahkan ulang-ulangi lagi.
  5. Kemudian panaskan minyak, setelah minyak sudah panas. Gunakan untuk menggoreng tempe.
  6. Pada saat menggoreng tempe mendoaan, anda bisa menentukan sendiri kekeringannya. Untuk membuat tempe mendoan sedikit basah,  maka goreng tempe mendoan tersebut sebentar saja. Begitu juga sebaliknya,  apabila anda ingin tempe mendoan renyah,  maka goreng tempe tersebut hingga berubah warna.
  7. Jika sudah selesai di goreng,  angkat dan tiriskan.
  8. Hidangkan tempe mendoan tersebut selagi masih hangat
Bagaimana,  apakah anda tertarik dengan resep membuat tempe mendoan yang lezat dan renyah. Agar rasa tempe mendoan semakin mantap. Silahkan buat sambal kecap atau cukup dengan cabe saja. Rasa tempe mendoan yang lezat akan semakin mantap jika sudah dicocol oleh sambal.

Silahkan hidangkan tempe mendoan ini selagi masih hangat. Jika sudah dingin rasanya akan kurang lezat. Cukup sekian untuk postingan saya kali ini. Tetap nantikan resep makanan terbaru yang lezat dan praktis hanya di blog ini. 

0 komentar