Resep Bolu Emprit, Kue Nikmat Khas Yogyakarta

Resep Bolu Emprit

Resep Bolu Emprit ~ Bolu Emprit, mungkin nama tersebut sudah jarang terdengar di telinga masyarakat modern. Bahkan sebagian dari masyarakat begitu asing jajanan tradisional ini. Namun, jika Anda berkunjung ke daerah Jawa Tengah, khususnya di Yogyakarta,

Anda dengan mudah akan menemukan Bolu Emprit di toko-toko makanan. Bolu Emprit yang merupakan makanan asal Yogyakarta ini mulai dilupakan oleh masyarakat dengan hadirnya berbagai jenis makanan modern ataupun makanan cepat saji.

Selain rasanya yang manis, Bolu Emprit dikenal dengan teksturnya yang sedikit keras namun setelah digigit, makanan ini akan hancur di lidah dengan cepat. Diberi nama Bolu Emprit karena bentuknya yang mungil seperti burung emprit atau burung gereja.
Resep Bolu Emprit
Resep Bolu Emprit

Bolu emprit berbentuk lingkaran setengah bola dengan berbagai warna, mulai dari pink, putih, dan krem. Makanan asal Yogyakarta ini dapat Anda jadikan teman camilan diwaktu santai dengan teh hangat.

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba merasakan manisnya makanan asal Yogyakarta ini, Anda dapat membelinya di toko oleh-oleh. Namun, jika Anda ingin mencoba membuatnya sendiri, Anda dapat mencoba resep yang kami rangkum berikut ini.

Dan pastinya dalam membuat Bolu Empritini sangatlah mudah dan hanya dengan memanfaatkan bahan-bahan yang sederhana pula, yang bisa kita dapatkan dengan mudah disekitar kita.

Bahan-bahan membuat Bolu Emprit

Nah untuk membuat kue bolu emprit ini, pastikan anda telah menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

  • Tepung Tapioka
  • Gula Halus
  • Gula Pasir
  • Kelapa Parut
  • Baking Powder
  • Jahe Bubuk
  • Air

Langkah-Langkah Pembuatan Kue Bolu Emprit :

  1. Pertama-tama campurkan bahan-bahan di atas seperti tepung tapioka, kelapa parut, gula halus, gula pasir, baking powder, dan jahe bubuk. Campur adonan tersebut, dan pastikan semua bahan tercampur dengan rata.
  2. Kedua, tambahkan air pada adonan sedikit demi sedikit. Usahakan adonan tidak terlalu lembek, karena jika lembek akan sulit dicetak.
  3. Selanjutnya, diamkan dalam wadah atau fermentasikan selama ± 1 jam. Tutup wajah menggunakan plastik, agar adonan mengembang sebelum dicetak.
  4. Setelah mengembang, cetak adonan menggunakan cetakan kue.
  5. Kemudian, panggang kue dengan suhu ± 1800 selama ± 25 menit hingga matang.
  6. Bolu emprit siap dihidangkan. Dan Andadapat mencicipi manisnya Bolu Emprit.

Mudahkah? Itulah cara membuat Bolu Emprit yang dapat Anda praktikan di rumah dengan alat dan bahan yang sederhana.

Jika Anda ingin memberi warna lain pada kue kering ini, Anda dapat menambahkan warna makanan dalam adonan.Biasanya Bolu Emprit berwarna putih bersih, krem, dan merah muda (pink), atau Anda dapat menambahkan warna lain seperti kuning dan hijau sesuai selera Anda.

Semoga informasi di atas bermanfaat, khususnya bagi para Ibu yang ingin menyajikan camilan manis untuk keluarga.

Selamat mencoba. Salam Masako

0 komentar